Bangkit

Hari ini saatnya bangkit! Jika bukan hari ini, kapan lagi? Jika Anda sedang merasa terpuruk, bangkitlah dari keterpurukkan Anda. Jika Anda baru saja gagal, bangkitlah dari kegagalan Anda. Bahkan, saat Anda merasa baik-baik saja, bangkitlah untuk lebih baik lagi.

Selasa, 06 Juli 2010

RT itu adalah ..........

RUKUN TETANGGA
Menelusuri arti “Rukun Tetangga” berarti tetangga itu harus rukun. Manusia adalah makhluk sosial.Kita memahami ungkapan itu dan mengakui bahwa dalam kenyataannya, kita, manusia, memang tidak dapat hidup sendiri.
Tetangga memiliki andil yang besar dalam kehidupan seseorang, boleh jadi di keseluruhan tahapan kehidupan dan pascakematian. Sekedar contoh, tetanggalah yang paling dahulu dimintai pertolongannya jika seseorang mengalami masalah yang sulit diatasinya. Oleh karena itu, sebetulnya tidak beralasan jika seseorang bermusuhan dengan tetangganya karena sikap permusuhan itu bias saja malah akan memperbesar masalah. Hidup bertetangga dengan cara yang baik pasti akan terasa nikmat dan bermanfaat.
Agar kerukunan dalam hidup bertetanga tetap terjaga, maka dibentuklah suatu lembaga yang mengurusinya, yaitu Rukun Tetangga.
Rukun Tetangga (RT) bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintahan, dan pembentukannya adalah melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Desa atau Kelurahan.
Rukun Tetangga (RT) adalah Organisasi kemasyarakatan yang bersifat social, yang keberadaannya diakui dan dibina oleh pemerintah melalui Desa/Kelurahan, dan tidak bersifat politik. Adapun tugas pokok dari pada Rukun Tetangga adalah sebagai berikut :
• Mengerakkan sifat kegotong royongan, swadaya dan partisipasi masyarakat.
• Membantu menciptakan ketentraman dan ketertiban dalam rangka menunjang stabilitas nasional.
• Membantu menyebar luaskan dan mengamankan setiap program pemerintah.
• Membantu menciptakan suasana yang damai, tertib dan tentram.
Didalam pelaksanaannya, Rukun Tetangga dipimpin oleh seorang Ketua yang dipilih dari Warga dan oleh Warga. Dalam menjalankan tugasnya seorang Ketua dibantu oleh Pengurus inti lainnya, antara lain : • Wakil Ketua • Sekretaris • Bendahara • dan pengurus lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar